Sistem Informasi Kontrol Stok Dan Pengawasan Pemakaian Perlengkapan Kantor Pada Pt Profilia Indotech

Sistem Informasi Kontrol Stok Dan Pengawasan Pemakaian Perlengkapan Kantor Pada Pt Profilia Indotech

 

Arum Puspitasari, Yuki Gunawan

STMIK Masa Depan

 

ABSTRAK

 

Dalam era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, efisiensi waktu dan tenaga sangatlah diperlukan dalam dunia bisnis. Kegiatan administrasi perkantoran akan berjalan dengan lancar apabila didukung oleh sarana dan prasarana yang mencukupi. Selama ini sistem kontrol stok dan pemakaian perlengkapan kantor di PT Profilia Indotech masih bersifat manual baik dalam  proses pemesanan,perhitungan stok,maupun laporan bulanan. Dengan demikian melalui kegiatan penelitian akan dibuat suatu aplikasi yang mampu mengatasi hal tersebut. Sistem Informasi perlengkapan kantor ini berfungsi sebagai media yang memungkinkan karyawan untuk mengadakan permintaan alat dan bahan, dan memudahkan administrasi untuk mengelola ketersediaan alat dan bahan baik dari segi perhitungan stok maupun laporan-laporan yang dibutuhkan.Dalam pengembangan sistem, penulis menggunakan metode pendekatan UML (Unified Modelling Language) dengan menggunakan diagram antara lain use case diagram, activity diagram, sequence diagram,  dan class diagram. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini dapat memberikan kemudahan kepada pegawai untuk melihat stok dan memesan perlengkapan kantor yang dibutuhkan, sistem dapat mengetahui sisa stok perlengkapan yang ada, sistem dapat memberikan informasi mengenai laporan transaksi yang terjadi disetiap departemen dan laporanstok data barang.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Perlengkapan Kantor, Stok, Unified Modeling Language    (UML)

 

NB: Untuk halaman berikutnya bisa lihat di perpustakaan STMIK Masa Depan