Pengaruh Pelayanan Nasabah, Pengembangan Karyawan Dan Kompetensi Manajerial Terhadap Kualitas Kredit Di PT BPR Artha Makmur Lestari

PENGARUH PELAYANAN NASABAH, PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN KOMPETENSI MANAJERIAL TERHADAP KUALITAS KREDIT DI PT BPR ARTHA MAKMUR LESTARI

 

Ita Sari Tarigan

AMIK Mapan Tangerang

itasaritarigan@ymail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh pelayanan nasabah, pengembangan karyawan dan kompetensi manajerial terhadap kualitas kredit di PT. BPR Artha Makmur Lestari. Data penelitian merupakan data bulanan untuk periode observasi selama dua tahun (awal 2012 sampai dengan awal 2014). Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dari populasi 40 karyawan yang memenuhi kriteria sebagai sampling. Metoda analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda. Hasil pra penelitian menunjukkan adanya kualitas kredit yang cenderung menurun disebabkan oleh tingkat kompetensi yang rendah. Pelayanan terhadap nasabah yang tidak memadai menyebabkan lending berkurang. Pengawasan dan pemantauan terhadap kredit lemah, sistem pelatihan dan pendidikan yang kurang menyebabkan kemampuan karyawan dalam mengembangkan diri dan memiliki karir lebih baik manjadi sulit diwujudkan.

 

Kata kunci : Kompetensi, Pelayanan Nasabah, Pengembangan Karyawan, Kompetensi Manajerial, Kualitas Kredit, Kredit Bermasalah.