Implementasi Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Masalah Pada Perguruan Tinggi

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK BERBASIS MASALAH PADA PERGURUAN TINGGI

Yohanah, Suryadi, Agassi

STMIK Masa Depan

Hanayoha77@yahoo.co.id

Ading.suryadi@yahoo.com

agassi.gani@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan melalui penerapan model pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berbasis masalah diterapkan secara sistem, berdasarkan pengalaman belajar sebelumnya antara lain : rendahnya pencapaian hasil belajar mahasiswa, pembelajaran RPL belum memfasilitasi belajar mahasiswa, model pembelajaran yang diterapkan saat ini belum mampu membuat mahasiswa mengalami pembelajaran RPL, model pembelajaran belum relevan terhadap peningkatan pengetahuan RPL, Model pembelajaran belum efektif terhadap pencapaian belajar mahasiswa. Penelitian ini melakukan Analisis data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif terhadap proses pembelajaran konvensional, selanjutnya melakukan pengembangan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak dengan melakukan 10 langkah penelitian R & D Gall dan Borg., Model Desain Sistem Pembelajaran Dick and Carey lalu dilakukan R & D pada desain system pembelajaran berbasis masalah pada Rekayasa Perangkat Lunak dan terakhir mengevaluasi keberhasilan pembelajaran. Melalui implementai produk sistem PBL pada perkuliahan RPL dengan dukungan situs web Learning Management System dilakukan pengoperasian sistem, selanjutnya dilakukan ujicoba operasional, pada produk sistem PBL.

Kata Kunci: Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Desain Sistem PBL, evaluasi pembelajaran